Cari Susu di mana Ya?

Ada fenomena unik yang bisa kita temui di lingkungan kita saat ini. Ini fakta yang bisa kita lihat tidak hanya di televisi, tapi memang kondisi pasar memang demikian juga. Kalo anda minum susu, susu apa yang anda minum?

Dancow, Sustagen, Milo atau merk susu yang lainnya?

Secara umum, susu dibagi menjadi 2 jenis, susu formula dan susu umum. Susu formula adalah susu yang diperuntukkan bagi bayi yang berumur 0-12 bulan, sedangkan susu umum adalah susu yang diperuntukkan bagi seseorang yang tidak lagi membutuhkan susu formula. Indonesia adalah satu-satunya negara yang menetapkan lebih dari 2 jenis produk susu. Ada 3 pembagian jenis susu di Indonesia, susu formula (0-6 bulan), susu follow on 1 (6-12 bulan), dan susu follow in 2 (12bulan-13 tahun). Namun belakangan di Indonesia muncul produk susu formula 4+ dan 5+ (nah, yang ini istilah nya apa ya?) Padahal yang resmi cuma 3 tadi lho…

Kalo mamaku nelpon, pasti nanyain nya gini,”Udah dibeli belum susunya? apa perlu mama kirimin dari sini?”
hehehe… dasar aku nya yang malas beli, kan boros2in uang aja tuh. hehe. Tapi jangan ditiru ya.. ntar jadi pembodohan massal.

Pas nyari-nyari di market, kita akan disajikan dengan berbagai merk susu, mulai dari susu formula hingga susu untuk yang sudah lansia. Trus, yang buat remaja mana? Apakah remaja juga harus minum susu anak-anak? hehehe… 😀

Liat aja kemasannya, semua nya bergambar anak-anak, ga ada tuh susu yang gambarnya gambar orang dewasa.

Kebanyakan dari susu yang beredar di pasaran hanya untuk anak-anak. Ini disebabkan karena memang anak-anak membutuhkan susu pada usia pertumbuhan mereka dan produsen susu lebih jelas melihat prospek pasar ada di sini. Tapi sayang produsen susu sangat sedikit yang memikirkan untuk membuat susu yang umum, seperti negara-negara lain pada umumnya.

Sebenarnya susu untuk anak-anak (susu untuk anak 13+), bisa kita konsumsi dengan layak, namun karena faktor prospek pasarnya, para produsen lebih senang memakai anak-anak dalam reklame dan iklan produk mereka. Jika yang menjadi pemeran iklan adalah orang dewasa, belum tentu kan orang tua akan membelikan susu itu untuk anak mereka?

Yahhh… itulah bisnis. Akhirnya bukan beli susu dah di market, tapi beli pelengkap nutrisi (hampir sama dengan susu sih), yah entah apapun namanya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *