Atlas, Solusi Gaya dan Momen Sederhana

Ketika kita belajar di perguruan tinggi khususnya teknik sipil, kita sering berhadapan dengan berbagai strukur yang mengharuskan kita untuk mencari gaya-gaya dalam dan momen lentur pada suatu stuktur.

Dosen tentu saja mewajibkan kita untuk menyelesaikan soal demikian dengan menggunakan cara manual atau menghitung sendiri gaya-gaya dalam dan momen-momen yang bekerja. Ini dibutuhkan untuk para engineer nantinya untuk mengasah insting mereka dalam mencari solusi dari suatu permasalahan.

Banyak software yang memudahkan kita untuk membantu meyakinkan kita dengan jawaban yang sudah kita peroleh. Program SAP2000 adalah yang terkenal dari antara banyak software itu. Saya menemukan sebuah program yang cukup sederhana yang bisa membantu pemahaman kita tentang bagaimana diagram gaya-gaya dalam dan momen lentur pada suatu batang melintang yang diberi gaya vertikal.

Program ini bekerja secara real-time dan akan menyesuaikan diagram gaya dengan perubahan yang kita lakukan, baik itu perubahan besar gaya ataupun perubahan jarak gaya pada batang.

Tapi hati-hati ketika menggunakan software semacam ini. Software hanyalah alat untuk membantu pekerjaan kita dan hasilnya belum tentu bisa kita percayai begitu saja. Untuk meyakinkan kembali, sebaiknya teman-teman mengecek kembali hasilnya dengan perhitungan manual. Itulah seorang engineer.

Download Atlas 2.0

2 thoughts on “Atlas, Solusi Gaya dan Momen Sederhana”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *