Dolosse, Penahan Ombak

Dolos (plural dolosse) adalah struktur sipil yang terbuat dari beton berbentuk kompleks yang bisa mencapai massa 20 ton. Dolosse berguna untuk memproteksi pelabuhan dari ombak, ancaman breakwater dan gaya erosi yang ditimbulkan doleh gelombang laut pada pantai. Dolosse dikembangkan di London Barat, kota pelabuhan di Afrika Selatan dan hingga saat ini sudah ditemukan diberbagai tempat di belahan dunia.

Dolosse dibuat menggunakan beton tanpa tulangan di dalamnya dan biasanya dicetak dalam cetakan baja. Kadang kala beton dicampurkan dengan serat baja untuk menggantikan ketidakhadiran tulangan. Kekuatan beton dolosse ketika dipasang berkisar 2-5 MPa dan setiap saat akan menghadapi kekuatan ombak sebesar 0.06-0.25 MPa.

Dolosse bekerja dengan cara mengamburkan energi gelombang yang datang menuju pantai. Jadi bukan menahan gaya gelombang yang datang. Energi yang datang dari gelombang lebih banyak dihamburkan ke arah samping dolosse sehingga mengurangi efek perusakan pada pantai. Untuk melindungi 1 km pantai dibutuhkan sekitar 10.000 dolosse.

Bentuknya yang seperti itu juga memastikan agar sesama dolosse saling mengunci dan tidak berpisah dari kumpulannya. Kumpulan dolosse yang saling mengunci ini akan membentuk suatu dinding penahan pantai.

Dinding dollose di sepanjang pantai

Dolosse tampak dekat