Membersihkan Flashdisk dari ‘Virus Shortcut’

Membersihkan Flashdisk dari ‘Virus Shortcut’

Hm, banyak teman-teman yang nanya bagaimana cara membersihkan flashdisk yang terkena virus mirip shortcut yang membuat banyak folder dan dokumen kuliah jadi hilang entah ke mana. Memang akhir-akhir ini virus ini lagi marak beranak cucu di beberapa komputer di kampus saya. Buat teman-teman saya yang sering nanya-nanya gimana membersihkan flashdisk dari virus, saya berikan caranya di sini.

Seperti kebanyakan virus lain yang sudah sering saya lihat, penyamaran utama dari virus ini agar cepat menyebar adalah dengan membuat shorcut yang mirip virus di sebuah flashdisk. Virusnya bukanlah shortcut ini, namun ketika kita membuka shortcut ini, maka virus akan aktif dan menginfeksi komputer yang ditumpanginya. Shortcut ini aman untuk dihapus dengan menggunakan delete pada menu ketika klik kanan, namun tidak akan menghapus virus yang asli yang tersimpan dalam mode hidden.

Ikuti beberapa langkah di bawa ini agar flashdisk kembali normal seperti semula.

1. Masukkan flashdisk ke dalam usb port.

2. Perhatikan drive letter flashdisk kamu, pada contoh gambar di atas, drive letter flashdisk adalah M:
Jika kamu hendak membuka isi flashdisk, pastikan kamu membuka direktori melalui tree folder seperti gambar di atas (di sebelah kiri ketika membuka explorer) dan bukan dari folder view yang bergambarkan icon flashdisk besar (explorer bagian kanan). Jika kamu membuka flashdisk dengan cara yang dilarang tersebut, virus akan aktif di komputer kita. Lihat di dalam flashdisk akan ada shortcut-shortcut yang sebenarnya sering kita lihat.

3. Buka menu Run dari windows, atau tekan win+R (logo Windows ditekan bersamaan dengan tombol R pada keyboard), lalu ketik cmd, lalu tekan Enter. Gambar di bawah adalah cara membuka Run dari search pada windows 7.

4. Sebuah aplikasi akan muncul dengan layar berwarna hitam dengan teks awal C:\User\duken> atau apapunlah teks yang bakal muncul di layar tersebut. Ketik drive letter yang tadi sudah kita lihat, misalnya ketik m: lalu tekan enter. Sesuaikan drive letter ini dengan drive letter flashdisk kamu. Teks pada layar akan berganti menjadi drive letter ufd kamu.

5. Lalu ketikkan attrib -s -h -r *.* /s /d lalu tekan enter. Perintah ini akan mengembalikan folder yang disembunyikan oleh virus. Tunggu sebentar jika masih dalam proses. Semakin banyak folder yang disembunyikan, semakin lama juga proses ini berlangsung.

6. Lalu ketikkan del *.lnk *scr *.exe *.dll *.tmp lalu tekan enter. Perintah ini akan menghapus virus (biasanya berformat exe, lnk, dan scr) pada flashsdisk.

7. Jika ada folder dengan nama Recycler, sebaiknya dihapus saja.

8. Lihat isi flashdisk, maka data-data yang hilang akan kembali dan virus (semoga) sudah dihapus dari flashdisk.

Mudah-mudahan setelah ini, ga ada lagi yang nanya-nanya masalah ini ke saya :p

Tips kecil:

Ketika kamu bingung folder kamu hilang entar ke mana, folder tersebut sebenarnya masih ada, namun tidak kelihatan. Jangan panik ketika data-data tersebut hilang. Ingat saja nama folder tempat kamu menyimpan data tersebut, lalu buka folder tersebut dari address bar. Misalnya kamu menyimpan data di folder M:\print, setelah masuk ke komputer warnet atau apapun itu, ternyata folder print tidak ada lagi. Cari address bar dan masukkan alamat folder tadi, lalu tekan Enter, mudah-mudahan folder tadi masih bisa dibuka (lihat gambar).

52 thoughts on “Membersihkan Flashdisk dari ‘Virus Shortcut’

  1. Halo, salam kenal..

    infonya menarik dan mendidik sekali, semoga bisa saya terapkan..

    ini duken yang anak boul juga bukan?? hehe

    Salam Ganesha -itb 2008-

  2. Mas saya udah coba menggunakan perintah h:>attrib -s -h -r *.* /s /d (smart drive saya ada di drive h: )tetapi yang keluar adalah
    h:>attrib -r -a -s -h /s /d sepanjang malam( saya nungguin semalaman gak selese-selese sampe harus pake ctrl+c untuk ngebrentiinnya). Lalu saya coba langsung pake perintah del *.scr *.lnk *.exe *.tmp *.dll tapi yang terjadi folder yang ada shortcut -nya hilang dan folder sesungguhnya tidak terlihat juga. Kira2 ada solusi untuk menampilkan kembali folder sesungguhnya ? Mohon pencerahannya yaa…. Thank you banget sebelumnya mas

    1. kenapa perintahnya jadi attrib -r -a -s -h /s /d ?
      perintah yang benar adalah attrib -s -h -r *.* /s /d
      perhatikan tanda bintang (*) sebelum tanda /s /d

    1. mungkin ada perintah yang ga lengkap/salah atau mungkin saja flashdisknya sudah dalam keadaan kosong. tutorial ini sudah diuji dan diusahakan tidak menghapus dokumen penting atau folder di flashdisk kamu.

  3. del *.lnk *scr *.exe *.dll *.tmp

    lah itu dia perintahnya nge-delete smua yang berekstensi .exe …
    brarti sikat abis smua yang berbentuk aplikasi – aplikasi… hahaha… Kalo ga disertakan juga gpp kali yah.

    1. iya, ngedelete semua yang exe. kan ceritanya banyak yang ga terlalu paham perintah-perintahnya, jadi hapus aja semua yang exe. kalau mau hapus satu-satu aja yang ekstensinya exe yang curiganya virus ๐Ÿ™‚

    1. coba jalankan cmd nya dengan mode administrator, caranya klik kanan pada cmd, lalu run as administrator. mudah-mudahan bisa punya akses untuk menghapus. kalo cuma beberapa aja yang ga bisa, jangan di-ctrl+c, biarkan saja, nanti prosesnya akan tetap jalan. direktori yang ga bisa dihapus tadi dihapus manual lewat delete pada keyboard ๐Ÿ™‚

  4. saya udh perinth yg anda sebutkan sob…memg sih virusnya hilg …n bersih…tpi pas gua masukin lagi tuh flashdisk ke laptop gua…kuk timbul lgi ya….mohon penjelasan nya gan…thanks:grin::lol:

  5. kkok virus nya timbul lagi..sya udh lakukan perinth diatas ..apa kinerjanya cma hanya sementara…gan mohon penjelasannya.padahal yg dimasuki flashdisk tsb ..komputer yg bebs dari virus….

    1. itu artinya laptop kamu yang bervirus ๐Ÿ™‚
      coba bersihinnya di tempat yang ga ada virusnya, artinya kalo dicolokin lagi virusnya ga muncul lagi di flashdisk.

    1. kalo laptopnya kena virus, bersihkan aja pake antivirus. ada sih cara manual, tergantung virusnya apa, tapi sedikit lebih ribet dan butuh pengalaman untuk menghapusnya ๐Ÿ™‚

    1. kalo saya pake avira, AVG dulu pernah nyoba, smadav blum pernah. kalo saya prinsipnya lebih baik mencegah dari awal biar laptopnya ga kena virus. untuk virus local, smadav kelihatannya bagus.

  6. Bang Duken Marga, tengs…berat ya atas infonya, tuh virus bentuk folder ditendang jauh-jauh deeeh……thanks banget file ku bisa terbuka kembali

    1. kalo virus di laptopnya sih ga akan hilang. ada cara sendiri untuk menghilangkannya. cara di atas untuk menghilangkan virus di flashdisk saja dan mengembalikan folder yang hilang ๐Ÿ™‚

  7. Dear Duken Marga,
    Formula anda untuk โ€œMembersihkan Flashdisk dari โ€˜Virus Shortcutโ€™โ€ sangat membantu saya untuk dapat kembali meng-akses data yang benar di Flashdisk.

    Kalau boleh saya tahu, apakah dapat dijelaskan filosofi kerjanya terutama untuk point 5 & 6.

    Terimakasih.
    Regards,

    Dhz :grin:

    1. Terimakasih atas pujiannya.

      Poin 5 berisi perintah attrib -s -h -r *.* /s /d
      Attrib sendiri adalah program pada windows untuk mengganti atribut file dan folder, seperti attribut hidden, system hidden, read only, dan archive. Biasanya jika flashdisk terkena virus shortcut, file dan folder menjadi hidden, sehingga tidak kelihatan, oleh karena itu kita perlu untuk menghilangkan attribut hidden tersebut. Tanda minus (-) berguna untuk menghilangkan attribut, s adalah atribut system hidden, h adalah atribut hidden, dan r adalah atribut read only. Tanda * berguna untuk menghilangkan atribut tersebut pada semua file sedangkah /s dan /d berguna untuk menjalankan perintah tersebut secara rekursif pada folder-folder di bawahnya.

      Poin 6 berisi perintah del *.lnk *scr *.exe *.dll *.tmp
      del adalah perintah untuk menghapus (delete) yang ada pada windows. File yang akan dihapus adalah file yang berekstensi *.lnk (shortcut yang kita lihat pada flashdisk), *scr (banyak virus yang berekstensi ini), *exe (virus biasanya berekstensi ini), *dll (file DLL yang sering jadi tempat virus), dan *tmp (ini juga). Sebenarnya perintah delete di atas bisa ditambahkan atau dikurangi dengan ekstensi lain. Jika ada file dengan ekstensi *.exe (software) yang ada di root flashdisk kamu dan kamu yakin itu bukan virus, sebaiknya dipindahkan dulu, karena setelah menjalankan perintah di atas, maka file *exe tersebut akan dihapus juga.

  8. kmarin udah diperbaikin gitu ma temenku (pake laptopnya) trus pas ak masukin ke laptopku kok ada lagi virus ma shortcutnya,.gimana itu?apa laptop saya yg bermasalah bisa menginfeksi langsung ke flashdisk ketika langsung dibuka?

  9. bang yang buatin (del *.lnk *.scr *.exe *.dll *.tmp) gk bsa
    blasan komputernya Could Not Find H:\*.lnk
    dah 2 hari ku coba gk bsa
    kalo gk salah dah yg ke 27 X kucoba tp gagal
    l’gian flashdisk nya 16 GB pny ku
    isinya 12 GB mungkin slah ktik
    ludes smua hanya virus tinggel ๐Ÿ˜›
    data nya ilang instalan smua di stu
    minta solusi nya dung
    sebelumnya trims ^^

  10. Bang makasi tu virus Shocut
    dah ketendang ke laot
    makasi banged
    sblomnya coba cobain doank
    ampe 2 hari gk selese selese
    tpi aku coba selese bung
    mkasi Trimslah atas panduang bang ๐Ÿ˜› ^^

  11. laptop saya setiap dimasukkin flashdisk pasti jadi shortcut tapi kalo flashdisk saya dimasukkin ke laptop lain tidak jadi shortcut. itu penyebabnya apa ? trus gimana caranya ngilanginnya ? udah dicoba cara di atas tapi nggak bisa .

    1. kemungkinan laptop kamu terkena virus. sebaiknya virus di laptop kamu dihilangkan terlebih dahulu, bisa dengan menggunakan antivirus atau install ulang. Tutorial ini tidak bisa digunakan untuk menghapus virus di laptop, cuma virus yang ada di dalam flashdisk, dengan syarat kondisi laptop bersih dari virus.

  12. saya sdah coba gan tpi gk bisa juga.,, munculnya ACSESS DENIED.,., kalau yg kena seperti hardisk gmna gan.,?
    mohon pencerahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *