Aplikasi Web Analisis Beton Bertulang

Tiga hari yang lalu saya berkunjung ke perpustakaan sipil di kampus. Awalnya sih karena diajak oleh teman untuk meminjam buku. Kebetulan minggu ini adalah minggu UTS (Ujian Tengah Semester). Niatnya kalo ada buku yang menarik, saya akan pinjam buku itu.

Setelah sampai di perpustakaan, teman-teman yang lain langsung menuju rak buku dengan tema air dan berusaha mencari-cari buku KP (Kriteria Perencanaan) yang dipakai untuk mata kuliah Irigasi dan Bangunan Air. Saya mencari buku-buku yang menurut saya menarik. Setelah beberapa menit melihat-lihat, saya menemukan sebuah buku dengan judul Aplikasi Rekaysa Konstruksi dengan Visual Basic 6.0 (Analisis dan Desain Penampang Beton Bertulang sesuai dengan SNI 03-2847-2002) karya Wiryanto Dewobroto. Isi buku tersebut sangat menarik perhatian saya, isinya tentang pembuatan program analisis beton bertulang dengan menggunakan visual basic.

Hal lain yang sangat menarik adalah flowchart yang sangat sistematis. Selama mengikuti kuliah beton bertulang di kelas, saya selalu mengalami kesulitan, namun dengan melihat flowchart ini saya sedikit punya gambaran tentang analisis beton bertulang. Saya berniat untuk membuat aplikasi serupa namun dalam bentuk aplikasi web.

Kegiatan membuat program seperti ini, selain menyenangkan, bisa melatih otak berpikir, mengingat lebih baik, memperoleh perasaan senang (bisa membuat sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain), dan meningkatkan kemampuan programming itu sendiri.

Untuk itu, tunggu saja aplikasi webnya. 😀

Update: Saat ini web aplikasi analisis beton bertulang sudah ada, walaupun fiturnya masih sedikit dan terbatas hanya pada penampang persegi. Fitur-fitur akan selalu ditambahkan dan diperbaiki dari waktu ke waktu agar bisa menjadi media belajar bagi mahasiswa 😀
Alamat web aplikasi: http://duken.info/aplikasi/sipil/beton



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *