Semester Baru

Hari ini adalah awal semester ke-7 saya di Teknik Sipil ITB. Akhirnya saya menyandang status Swasta (mahasiswa tingkat akhir) 😆

Pada semester ini, SKS yang tersisa sebenarnya tinggal sedikit lagi, apalagi semester depan lebih sedikit lagi. Namun semester ini saya mengambil kuliah-kuliah yang saya rasa penting dan ujung-ujungnya sks nya sama seperti semester-semester sebelumnya, 20 SKS. Yang berbeda dari semester ini adalah saya bisa memilih dengan bebas mata kuliah yang saya inginkan. Biasanya semester ini tidak memiliki mata kuliah wajib yang harus diambil seperti semester kemaren.

O iya, dalam spesialisasi jurusan, saya dimasukkan ke subjurusan Rekayasa Struktur, spesialisasi yang saya idam-idamkan, walaupun fakta mengatakan nilai saya pas-pasan dan ga mungkin bisa bersaing dengan teman-teman saya yang lain yang super dalam nilai. Tapi fakta ini tidak menyurutkan semangat belajarku.

Selain kegiatan kuliah, semester ini saya akan mengikuti beberapa kegiatan luar seperti menjadi asisten dosen, mengikuti perlombaan (bukan lomba 17-agustusan), masih aktif menjadi admin di beberapa tempat, dan beberapa kegiatan main lainnya .

Tiga hari yang lalu, ketika saya mengikuti rapat dengan dosen, saya dititipi sebuah buku untuk mata kuliah PTI (Pengembangan Teknologi dan Informasi). Ada 2 buku, yang pertama adalah buku Pemrograman C++ karangan Budi Raharjo dan kedua adalah buku Technology’s Tomorrow and You karangan George Beekman dan Ben Beekman (saya tidak tau apakah mereka bersaudara atau tidak). Buku-buku tersebut bagus dan saya suka buku karangan Beekman tersebut.

Tantangan sulit dalam semester ini pasti lebih banyak. Setidaknya ada 5 kuliah saya yang memerlukan proses hitung-hitungan yang rumit. Bagaimana membuat kamar tetap rapi dan bersih selama 1 semester ke depan adalah tantangan lain yang perlu perhatian khusus (yang ini agak lebay). Sama seperti mahasiswa-mahasiswa lainnya, urusan uang dan makan selalu menjadi prioritas. Untungnya saya telah mempersiapkan strategi khusus untuk masalah ini, terutama masalah makanan.

Saya berharap bisa mengikuti semester ini dengan bijaksana dan penuh tanggung jawab. Selamat menempuh semester baru teman-teman dan jangan lupa berdoa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *