Hal Menarik Seputar Email

Beberapa hal menarik tentang email yang saya peroleh menjadi admin mail bisa dilihat pada daftar di bawah ini ūüėÄ

  1. Untuk membuat sebuah mail server yang ideal, dibutuhkan paling tidak 4 komponen.
    Komponen yang pertama adalah MTA (Mail Transfer Agent) yang bertugas untuk mengirimkan dan menerima email dari satu server ke server lainnya. Aplikasi yang digunakan misalnya postfix atau sendmail.
    Komponen yang kedua adalah aplikasi retrival email. Biasanya protokol yang digunakan adalah IMAP, POP, dan POP3. Aplikasi yang digunakan misalnya CourierIMAP.
    Komponen ketiga adalah aplikasi untuk autentikasi user (username dan password). Aplikasi yang digunakan misalnya CourierAuthlib.
    Komponen keempat adalah MUA (Mail User Agent) yang bertugas untuk membaca dan memperlakukan email. Contoh yang paling sederhana adalah webmail, misalnya webmail google atau webmail yahoo. Untuk desktop, kita mengenal aplikasi Thunderbird, Outlook, atau Apple Mail.
    Komponen lain misalnya MDA (Mail Delivery Agent) untuk  fasilitas pushmail.
  2. Email-email yang tidak diinginkan yang masuk ke inbox kita sebut spam. Spam sendiri sebenarnya adalah produk berupa daging palsu (fake meat), lalu ke dalam email diistilahkan sebagai surat palsu (fake email).
  3. Lawan dari spam adalah ham (daging), istilah yang diberikan pada email-email yang memang kita harapkan masuk ke inbox email kita.
  4. Email sangat gampang dipalsukan. Namun, tidak sulit untuk melacaknya. Kita bisa saja mengirimkan email dengan menggunakan alamat palsu (Ayu tingting?). Email adalah media yang sangat rawan dengan penipuan layaknya penipuan lewat sms.
  5. Admin email server bisa memblok sebuah email berdasarkan IP pengirim, IP penerima, subjek, email dan nama pengirim, email dan nama penerima, aplikasi yang digunakan untuk mengirim email, attachment (lampiran), dan juga konten email.
  6. Email itu ibarat alamat kontak kita yang krusial di internet. Tidak mempunyai email sama artinya tidak mempunyai kesenangan di internet. Konon di Jepang, sebuah telepon gengga dilengkapi dengan sebuah alamat email. Mereka lebih suka memakai email daripada SMS (Short Message Service), katanya sih lebih murah.
  7. Kepanjangan dari CC adalah carbon copy, sedangkan BCC adalah blind carbon copy. Carbon copy  bisa diartikan sebagai tembusan. Alamat email yang dituliskan dalam CC, maka alamat tersebut akan terlihat di dalam pesan yang diterima oleh penerima yand didefinisikan di dalam To dan Cc. Sedangkan jika alamat email dituliskan dalam Bcc, maka alamat email tersebut akan menerima email namun alamat emailnya tidak akan tercantum di dalam pesan. Blind carbon copy bisa juga diartikan sebagai tembusan yang tidak dituliskan dalam surat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *