Beberapa Engineer Struktur yang Baik

Cerita di bawah ini adalah terjemahan dari A Few Good Engineers yang merupakan adaptasi percakapan sebuah film berjudul A Few Good Man yang dibintangi oleh Tom Cruise.

Dalam percakapan yang sudah diadaptasi ini, seorang engineer struktur (Eng) berbincang-bincang dengan seorang arsitek (Ar). Percakapan ini tidak bermaksud untuk menyingung pihak manapun, hanya guyonan fiksi yang dibuat untuk hiburan semata ūüėÄ

Eng: Kamu menginginkan jawaban?

Ar: Saya rasa saya berhak mendengarkannya.

Eng: Kamu menginginkan jawabannya?!

Ar: Saya menginginkan kebenaran!

Eng: Kamu tidak siap mendengarkan kebenarannya.
Lihatlah, kami tinggal di dunia yang memiliki hal yang kami sebut BALOK, GIRDER, dan KOLOM. Semua itu digunakan untuk MENOPANG BANGUNAN. Siapa yang akan MERANCANG SEMUA ITU? Kamu?
Kamu Tuan Arsitek?

Saya mempunyai tanggung jawab yang lebih besar daripada yang bisa kamu bayangkan. Kamu mengeluh ketika JARAK ANTAR LANTAI YANG TERLALU KECIL dan menggerutu pada UKURAN GIRDERKU YANG BESAR.

Kamu punya kemewahan itu, kamu punya kemewahan untuk tidak perlu tau apa yang aku tau: GIRDER-GIRDER ITU, ketika terjadi musibah, mungkin akan menyelamatkan banyak jiwa. Kehadiranku yang kacau dan tidak bisa dimengerti olehmu, menyelematkan jiwa-jiwa itu.

Kamu tidak ingin jawaban. Karena pada kenyataannya, di tempat-tempat yang kamu tidak ingin membicarakannya di pesta, kamu MENGINGINKANKU untuk berada dalam TIM DESAIN. Kamu MEMBUTUHKANKU untuk berada dalam TIM DESAIN.

Kami menggunakan istilah DESAIN, CODE, ANALYSIS… kami menggunakannya sebagai landasan kami untuk MENGHASILKAN KEAMANAN DAN KENYAMANAN¬†STRUKTUR.

Kamu menggunakannya sebagai lelucon. Saya tidak punya waktu ataupun tertarik untuk menjelaskan DESAINku pada orang yang bangun dan tidur di dalam selimut pada bangunan yang saya buat AMAN, lalu mempertanyakan kenapa aku seperti itu.

Saya lebih suka kamu datang mengucapkan terimakasih lalu pergi kembali mengerjakan tugasmu.

Kalau tidak, saya menyarankanmu untuk mengambil dan membaca MANUAL BAJA dan mulailah MENDESAIN RANGKA BAJA.

Apapun yang terjadi, saya tidak akan mengutuk apa yang berhak kamu dapatkan.

Ar: Apakah kamu MEMBESARKAN UKURAN GIRDER DAN KOLOM?

Eng: (Terdiam) Saya melakukan pekerjaan yang kamu INGIN aku kerjakan.

Ar: (Membentak) Apakah kamu MEMBESARKAN UKURAN GIRDER DAN KOLOM?

Eng: Ya, kamu benar! Aku membesarkan ukurannya.

–SELESAI–

Terlepas dari cerita di atas, sebenarnya khusus untuk wilayah-wilayah di Indonesia yang rawan gempa, struktur yang dibangun di wilayah gempa umumnya memiliki ukuran struktur yang sudah diperkecil agar biaya struktur tidak menjadi mahal (tahan gempa). Seandainya saja struktur dibuat anti gempa/anti-earthquake (berbeda dengan tahan gempa/earthquake resistant), ukuran struktur mungkin jauh lebih besar daripada yang diharapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *