Install Printer Canon Pixma MP237 openSuse 13.1 64 bit

Hore, untuk pertama kalinya, saya berhasil menginstall driver untuk printer Canon Pixma MP237 pada sistem operasi Linux distro openSuse 13.1 dengan arsitektur 64 bit. Sebenarnya tutorial ini bisa dijadikan untuk semua printer Canon tipe 230-series, karena drivernya memang ditujukan untuk semua seri 230. Pada awalnya saya agak pesimis bahwa printer ini bisa dipasang di linux, tapi dengan mengikuti berbagai tutorial di internet, akhirnya bisa juga. Printer tipe MP237 dilengkapi dengan fungsi mencetak dokumen ke kertas dan memiliki fungsi scanning. Gak tau kenapa, dulu printer ini yang dibeli oleh keluarga di rumah untuk keperluan cetak-mencetak dan scanning dokumen.

Oke, berikut langkah-langkah instalasinya:

  • Download software libtiff-3 (64 bit) jika kamu menggunakan openSuse 13.1 atau 12.x. Lalu instal software ini, bisa menggunakan terminal atau klik 2 kali untuk memulai proses instalasi menggunakan Software Manager Yast. Software ini wajib diinstal agar fungsi mencetak dokumen berfungsi dengan baik.
  • Download driver printer dan driver scanner di website resmi Canon. Driver ini sudah mendukung openSuse 32 bit dan 64 bit. Ekstrak masing-masing arsip dan jalankan install.sh melalui terminal
  • Tunggu proses instalasi berlangsung, jangan lupa menjawab beberapa pertanyaan yang diberikan pada layar terminal
  • Jika sudah selesai, buka Print Setting melalui menu pencarian aplikasi bagian System Tools -> Print Settings (saya tinggal mengetikkan kata ‘Print’ menggunakan desktop Gnome 3)
  • Lalu akan muncul sebuah gambar printer di window yang terbuka. Klik 2 kali printer tersebut lalu coba mencetak dokumen (Print Test Page)
  • Tadaa, printer akan mulai bergerak untuk mencetak dokumen

Semoga tutorial singkat ini berguna buat kamu semua  🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *