Civil Engineering Toolbox: Software untuk Engineer Sipil

Perkenalkan software buatanku: Civil Engineering Toolbox.

civil-engineering-toolbox is collection of small programs of civil engineering that I built to help me to solve small to medium and common problems when designing something. When I try to create programs for practical use, sometimes I will add programs that is pure-theory (mathematics) when I’m interested on it.

It is web based application that can be opened in your own browser (offline) or can be accessed from other computer if you are connected to LAN (Local Area Network). This software can be used as a problem-solver, reminder (through the shown formula), or just to give quick estimation.

Proyek software ini mulai saya kerjakan sekitar akhir bulan Juli 2014. Sesuai dengan deskripsinya, aplikasi ini saya buat untuk membantu saya menyelesaikan desain skala kecil hingga besar. Beberapa aplikasi sudah bisa dipakai dengan fitur yang menurut saya sudah cukup. Karena kesibukan pekerjaan, akhir-akhir ini tidak banyak aplikasi yang bisa saya kembangkan.

Software ini saya buat dengan menggunakan bahasa Python dan banyak pustaka luar sehingga proses instalasinya terlihat sangat kompleks. Keuntungannya adalah saya bisa fokus hanya pada aplikasi sipilnya saja, sedangkan fungsi lainnya seperti fungsi numerik, web, pembuatan grafik, template, dan fungsi lain menggunakan pustaka yang sudah saya anggap stabil.

Screenshot aplikasi civil-engineering-toolbox
Screenshot aplikasi civil-engineering-toolbox

Meskipun baru ada beberapa aplikasi, harapan saya adalah aplikasi ini bisa semakin lengkap dan bisa digunakan oleh engineer sipil dalam menyelesaikan masalahnya. Kamu bisa mengunduh software ini, menggunakannya dengan bebas (gratis) dan menyebarluaskannya sesuai dengan lisensi BSD-3 clause.

Punya ide aplikasi atau kritik? Boleh disampaikan di blog ini atau di web Github tersebut di atas (harus registrasi terlebih dahulu) 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *