Baterai Smarthphone Sehari Cuma Habis 20%

7 July 2015 by · Leave a Comment 
  

Saya punya smartphone Samsung Galaxy Grand, kapasitas baterai 2000 mAh. Dulu, sekali isi hingga penuh bisa bertahan seharian dari pagi sampe malam. Artinya tiap hari baterainya harus selalu diisi terus.

Beberapa hari ini saya mengamati bahwa ternyata baterai hape saya cuma habis 20% dari pagi sampe malam. Tentunya ada beberapa perubahan yang saya lakukan sehingga bisa menghemat cukup banyak energi. Apa saja perubahannya?

  1. Uninstall Facebook Mobile. Sadar atau tidak sadar, aplikasi mobile Facebook cukup menguras baterai. Dengan koneksi internet yang selalu aktif, aplikasi ini tentu tidak akan bosan-bosannya berinteraksi dengan server secara realtime. Penggunaan memory yang besar dan penggunan koneksi internet yang aktif tentu saja mempercepat habisnya baterai. Sekarang ini, kalau mau Facebook-an, saya lebih sering lewat laptop waktu malam hari. Toh sewaktu di kantor, mana sempat buka Facebook.
  2. Turunkan koneksi dari 3G menjadi 2G. Untuk keperluan chatting dan email, saya rasa koneksi 2G sudah cukup. Mengganti jenis koneksi menjadi 2G akan sangat berpengaruh pada baterai kamu. Mungkin ini faktor yang paling berpengaruh kenapa baterai cepat habis.
  3. Nonaktifkan fitur sinkronisasi Google yang tidak penting. Jika kamu membuka menu Pengaturan (Settings), kemudin masuk ke akun Google, kamu akan melihat banyak fitur sinkronisasi. Saya sendiri hanya mengaktifkan fitur sinkronisasi pada kalender dan Gmail saja,  selebihnya saya nonaktifkan karena memang tidak pernah (atau jarang) saya gunakan.
  4. Kalau kamu aktif mengunakan Google+, non-aktifkan fitur Auto Backup. Fitur ini bisa dilihat pada pengaturan (Settings). Jika fitur ini aktif, maka data-data pada smartphone kamu (gambar, video, dll) akan disimpan (backup) pada server Google+. Semakin aktif koneksi internet, maka semakin cepat pula baterai smartphone-mu berkurang.
  5. Dual SIM menjadi Single SIM. Kebetulan karena smartphone saya bisa dual SIM, saya cukup sering mengaktifkan 2 kartu sekaligus. Tapi karena satu kartu sudah tidak dipakai lagi, akhirnya saya cuma punya 1 kartu saja. Alhasil, baterai pun bisa dihemat.

Kalau kamu memiliki banyak aplikasi yang rakus memory RAM dan sering terhubung ke internet, sebaiknya aplikasi tersebut kamu buang saja, apalagi jika kamu jarang menggunakannya. Selain mengganggu waktu bekerja dan belajar, kamu juga jadi tidak produktif.

Nah, itu tadi sedikit tips untuk bisa menghemat baterai smartphone. Kamu siap ga untuk uninstall Facebook Mobile?

About Duken Marga Turnip
Engineer PT Rekayasa Industri dan alumni Teknik Sipil ITB, yang senang dengan programming, internet, application development, sains, teknologi, dan matematika.

What's in your mind?