Lawan Warna Biru Apa ya?

16 October 2009 by · 2 Comments 
  

lingkaran-warna1Hitam lawan warnanya apa? Putih? Tau dari mana kalo hitam lawan warnanya putih? Ya, iyalah duken, emang apa lagi? Oke-oke, anda mungkin benar. Lho, kok mungkin? Emang ada kemungkinan salah ya? Hmm… ya bisa dibilang begitu. Warna bukanlah suatu sifat. Jadi kita tidak bisa menyebut suatu warna memiliki lawan warna. Ketika kita sering mendengar cerita tentang si baik dan si jahat, sang pahlawan dan cerita nenek sihir, dan banyak cerita-cerita heroik lainnya, kita sering mengidentikkannya dengan kelompok hitam dan putih, dua warna yang saling berseberangan jauh. Faktor inilah yang membuat kita menyebut putih adalah lawan warna hitam. Ga pernah kan ada asosiasi dengan resmi mengatakan kalo hitam adalah lawan putih? :D

Pembahasan sejarah cukup sampai di sini. Agar saya ga menang sendiri dengan pernyataan tadi, saya juga akan mengalah dan mengatakan kalau hitam tetaplah lawannya putih. OK?

Trus, saya tantang anda, kalo biru lawan warnyanya apa ya? Ga tau kan? Atau jangan-jangan ga pernah kepikiran? Yah, itulah sifat manusia, hal-hal kecil kadang dilupakan begitu saja. Maunya yang besar-besar saja. :-(

Jujur aja, sebenarnya saya juga ga tau sih. hehe… :mrgreen: Kan tadi kita udah tau dari pernyataan di atas, kalo warna bukanlah kata sifat :P, jadi ga mungkin ada lawannya.

OKe, cukup main-mainnya, sebenarnya ada cara yang bisa kita lakukan untuk mencari lawan dari sebuah warna. Mungkin cara ini agak kontroversial, tapi saya menemukannya dari “fakta” bahwa hitam adalah lawan warna putih. Dari sini kita mencari lawan warna yang lain. Caranya bagaimana?

Warna yang satu kadang terdiri dari berbagai macam campuran warna. Warna dalam dunia digital direpresentasikan, lebih tepatnya dinyatakan dalam bentuk kode hexadesimal. Kalo anda pernah main-main dengan photoshop, corel draw, gimp, atau editor gambar lainnya, anda akan menemukan warna dinyatakan dalam kode hexadesmial tadi. Hexadesimal terdiri dari 16 karakter, 1-9 dan A-F. Format penggunaanya adalah RGB atau Red, Green, Blue.

Warna putih mempunyai kode hexadesimal 0x FFFFFF yang artinya Red diisi FF, Green diisi FF dan Blue diisi FF. Hitam mempunyai kode 0x 000000.  0x adalah penanda kalau itu adalah kode hexadesimal. Kalau merah? Merah dinyatakan dalam kode 0x FF0000. Red nya terisi FF (penuh) sementara Green dan Blue diisi oleh 00 (kosong). Hijau berarti ox 00FF00 dan biru adalah 0x 0000FF. Kalau teman-teman mau lihat kode warna lain, lihat aja dari editor gambar tadi.

Dari pernyataan hitam dan putih tadi kita bisa mencari lawan warna. Hitam adalah 0×000000 dan putih adalah 0xFFFFFF. Kalau kita lihat perhatikan, warna hitam diperoleh setelah kita mengurangi warna putih dengan 0xFFFFF. Bingung kan?

Jadi oxFFFFFF – warna putih =warna hitam
0xFFFFFF – oxFFFFFF = warna hitam
warna hitam = ox000000

Kita ambil contoh lain, yaitu merah. Merah dinyatakan oleh oxFF0000.

lawan warna merah = oxFFFFFF – oxFF0000
lawan warna merah = 0x00FFFF

Coba lihat di editor gambar anda warna apa yang dinyatakan oleh ox00FFFF. Warna ini adalah warna biru pucat.

warnaKelihatan kan? Caraya emang agak aneh, tapi yang kepikiran cuma itu. Mungkin teman-teman punya cara lain yang lebih baik barangkali? :D Nah, kalo biru, lawan warnaya apa? Cari sendiri aja ya… (Mudah-mudahan teman-teman bisa melakukan pengurangan dalam basis 16)

About Duken Marga
Engineer alumni Teknik Sipil ITB yang senang dengan programming, internet, application development, sains, teknologi, dan matematika.

Comments

2 Responses to “Lawan Warna Biru Apa ya?”
  1. madjongke says:

    Kalau dulu q pake cara membandingkan. Jadi kalau di sejajarkan semuanya tampak jelas.

Trackbacks

Check out what others are saying about this post...
  1. [...] This post was mentioned on Twitter by duken marga. duken marga said: http://duken-mt.co.cc/2009/10/lawan-warna-biru-apa-ya/ kalo hitam lawan warnanya putih, kalo biru lawan warnanya apa ya? [...]



What's in your mind?