Street Photography

Jalan-jalan Sore

Posted by Duken Marga Turnip on

Dalam beberapa kesempatan di bulan puasa kemaren, saya menyempatkan diri untuk pulang lebih cepat dan mengambil beberapa foto di berbagai tempat. Sambil jalan-jalan sore, saya mencoba kamera analog yang sudah agak canggih dengan fitur autofokus, Nikon F100. Kamera ini sangat cocok untuk pemula karena mudah digunakan, layaknya kamera digital modern sekarang ini.

Autofocus dan metering sudah tertanam pada kamera ini, sehingga pengguna lebih fokus untuk mengambil gambar alih-alih mengatur semuanya secara manual. Namun ukurannya cukup bulky (besar) dan memerlukan baterai AA sebanyak 4 buah. Saya pernah pakai baterai AA biasa dan ternyata cepat habis, padahal baru beberapa jepretan. Akhirnya saya membeli baterai rechargeable yang harganya lumayan mahal.

Kamera: Nikon F100 + Nikkor AF f/1.8D
Film: Fuji Industrial 400

Meskipun saya pergi sore, tapi golden hour tidak terlalu keliatan. Mungkin ini adalah karakteristik film Fujifilm Industrail 400 itu sendiri yang menurut saya bukan film untuk cahaya sore. Warnanya cukup netral namun cenderung agak kebiru-biruan.

Overall nuansa analog tidak saya dapatkan dari kamera ini, mungkin karena tidak adanya proses kokang, pengaturan metering manual, dan juga manual fokus yang sangat feel nya baru bisa didapatkan dari kamera analog yang benar-benar “analog” 😀

Street Photography

Kamera Canonet QL17 GIII

Posted by Duken Marga Turnip on
Kamera Canonet QL17 GIII

Beberapa bulan ini, saya lagi menggandrungi kamera analog. Saya mulai mencoba beberapa kamera analog dan sayangnya kamera yang pertama kali saya beli tidak begitu bagus dan akhirnya dijual. Ada sedikit jamur di lensa, lalu hordeng (curtain) yang bocor, dan tempat cuci scan yang kualitasnya menurut saya pas-pasan menghasilkan gambar yang tidak bagus pula.

Beruntung saya bisa menemukan Canonet QL17 GIII yang legendaris. Hasil fotonya menurut saya lumayan bagus. Saya harus menggunakan metering manual dengan handphone untuk mengatur bukaan di kamera, benar-benar manual 🙂

Kamera: Canonet QL17 GIII (Analog)
Film: Fujifilm Industrial 100

Sampai jumpa di tulisan selanjutnya.